Pengertian Internet

Internet atau Interconnected Networking merupakan sistem komunikasi global yang mengubungkan komputer-komputer di seluruh dunia.
Pada dasarnya internet adalah kumpulan dua komputer atau lebih diseluruh dunia yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer.
Internet dapat digambarkan seperti aring laba-laba yang menyelimuti bumi dan terdiri atas titik-titik (node) yang saling berhubungan. Node tersebut dapat berupa komputer, notebook, atau peralatan komunikasi seperti handphone dan PDA (Personal Data Assistance). Garis penghubung antarnode disebut internet  backbone yang berupa media transmisi seperti kabel, serat optik, maupun gelombang mikro (mikrowave).
Node tersebut dapat berfungsi sebagai pusat informasi atau sebagai pengguna yang mencari dan bertukar informasi melalui internet.
Dari segi pendidikan, internet ibarat perpustakaan besar dan lengkap yang didalamnya terdapat jutaan bahkan milyaran informasi dalam bentuk teks, gambar, animasi, video dan suara.
Kita dapat melihat, mengambil, bahkan memiliki informasi tersebut kapan saja dan darimana saja melalui internet.
Internet dipandang sebagai dunia maya karena hampir seluruh aspek kehidupan yang ada di dunia nyata ada di internet, seperti bisnis, hiburan, olahraga, politik, pendidikan dan lain sebagainya.
Sumber Tulisan :
Mashadi, Ahmad Rizal, Syaifrudin, 2006, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Untuk SMP/MTs Kelas IX, Penerbit Aneka Ilmu, Semarang.