Pengaruh Hindu-Budha di Indonesia

Masuknya budaya Hindu-Budha ke daerah-daerah di Indonesia, ternyata mampu membawa perubahan yang cukup besar di dalam masyarakat Indonesia.
Image : id.88db.com
Adapun pengaruh Hindu-Budha tersebut antara lain :
a. Bidang Agama dan Filsafat
1. Bidang agama, yaitu masyarakat yang semula animisme dan dinamisme mulai memeluk Hindu-Budha.
2. Bidang filsafat, yaitu masyarakat mengenal wanaprasta artinya meninggalkan kehidupan keduniawian kemudian menjadi pertapa.
b. Bidang Seni dan Bangunan
1. Seni bangunan atau arsitektur, yaitu bangsa Indonesia mampu membangun candi Hindu dan Budha yang merupakan contoh akulturasi budaya asli Indonesia (punden berundak) dengan budaya Hindu-Budha.
2. Seni Wayang, Tari dan Patung
Seni wayang yang masih bertahan sampai sekarang umumnya mengambil cerita dari Ramayana dan Kitab Mahabarata yang telah disesuaikan dengan situasi di Indonesia.
Seni tari, yaitu masyarakat mengenal sendratari Ramayana, serta tari-tari yang lainnya.
Seni patung dan seni ukir, berkembang pula di Indonesia seperti patung-patung dan relief pada Candi Borobudur dan Prambanan.
3. Bahasa dan Seni Sastra
Masuknya Bahasa Sansekerta dan huruf Pallawa mengantarkan bangsa Indonesia memasuki aman sejarah, yaitu jaman mulai mengenal tulisan.
Sedangkan seni sastra yang berkembang antara lain :
Kitab Bharatayudha karangan Mpu Sedah dan Panuluh
Kitab Arjuna Wiwaha karangan Mpu Kanwa
Kitab Gatotkacasraya karangan Mpu Panuluh
Kitab Sutasoma karya Mpu Tantular
C. Bidang Politik dan Pememrintahan
Sebelum pengaruh Hindu-Budha masuk ke Indonesia kekuasaan di dalam masyarakat dipegang oleh kepala suku. Pergantian pemimpin dilakukan melalui sistem primus interpares artinya seorang pemimpin dipilih dari seseorang yang memiliki kelebihan-kelebihan sehingga masyarakat akan patuh dan taat kepada kepemimpinannya.
Masuknya Hindu-Budha mampu membawa perubahan sistem tersebut. Pemimpin diberi gelar raja sedangkan pergantian pemimpin berdasarkan keturunan.
Adapun pengaruh kebudayaan Hindu-Budha yang paling nampak pada bidang pemerintahan adalah berdirinya kerajaan-kerajaan Hindu-Budha yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Kerajaan-kerajaan itu misalnya Kutai, Tarumanegara, Majapahit dan lain-lain.
Sumber Tulisan :
Winarto, 2004, Sejarah 1, Untuk SMP Kelas VII, Penerbit Aneka Ilmu, Semarang.