Kelajuan dan Kecepatan dalam Fisika

Dalam percakapan sehari-hari orang awam sering mencampur adukkan istilah kecepatan dan kelajuan. Tetapi dalam fisika kedua istilah ini memiliki perbedaan yang jelas.
Jika anda melihat spidometer sebuah mobil yang sedang bergerak dan menyatakan bahwa mobil sedang bergerak 60 km/jam maka yang anda maksudkan disini adalah kelajuan mobil.
Tetapi jika anda menyatakan mobil sedang bergerak 60 km/jam ke timur maka yang anda maksudkan disini adalah kecepatan mobil.
Kelajuan adalah besaran yang tidak bergantung pada arah, sehingga kelajuan tersebut termasuk besaran skalar. Perlu juga anda anda ketahui bahwa kelajuan termasuk besaran skalar yang nilainya selalu positif. Alat untuk mengukur kelajuan adalah spidometer.
Kecepatan adalah besaran yang bergantung pada arah, sehingga kecepatan termasuk besaran vektor. Untuk gerak dalam satu dimensi, arah kecepatan dapat dinyatakan dengan tanda positif atau negatif.
Sebagai contoh jika kita tetapkan arah timur sebagai arah positif, maka kecepatan mobil 60 km/jam ketimur cukup ditulis +60 km/jam, dan kecepatan mobil 60 km/jam ke arah barat cukup ditulis -60 km/jam.
Sumber Tulisan :
Marthen Kanginan, 2003, Fisika 2000, Jilid 1A untuk SMU Kelas 1 Semester 1, Penerbit Erlangga, Jakarta.