Manfaat Telur (Baidh)

Khasiat Telur yang baru lebih baik daripada khasiat telur yang lama. Telur ayam adalah telur terbaik.
Telur bersifat sedang (tiddak panas dan tidak dingin), tapi cenderung dingin. Pengarang Al-Qaanuun berkata,"Kuning telur bersifat panas dan basah, menambah darah bersih, tapi kurang bergizi. Kuning telur mudah dicerna ketika masih lembut." Ahli kesehatan lainnya berkata,"Kuning telur meredakan sakit, melegakan tenggorokan dan batang tenggorokan serta meredakan batuk dan luka diparu-paru, liver, dan kandung kemih. Kuning telur mengurangi ganjalan pada pencernaan, terutama ketika dicampur dengan lemak dari pohon badam. Kuning telur membantu proses pembakaran di dalam dada serta melembutkan ganjalan di tenggorokan."

Jika putih telur digunakan sebagai tetes mata, maka dapat mendinginkan bengkak panas dimata dan meredakan sakitnya. Jika dioleskan diwajah, dapat mencegah kulit wajah terbakar sinar matahari. Jika putih telur dicampur serbuk kayu cendana lalu dioleskan didahi, maka dapat mencegah pengriputan.

Pengarang Al-Qaanuun menyebutkan khasiat telur dalam pengobatan penyakit jantung. Ia berkata,"Kuning telur berkhasiat memperkuat jantung. Kuning telur memiliki tiga keistimewaan: mudah larut dalam darah, tidak memproduksi banyak ampas, dan darah yang diproduksi sama ringannya dengan darah yang mengaliri jantung. Kuning telur merupakan bahan yang mudah dicerna dan diserap tubuh". Itulah sedikit info yang bisa saya tulis tentang khasiat telur.

Sumber :
Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah, 2008, Praktek Kedokteran Nabi, Hikam Pustaka, Yogyakarta.